Koperasi Sekolah deh…

Posted: September 21, 2010 in Uncategorized

Mendengar kata “koperasi sekolah”,yang langsung terlintas dipikiran saya adalah koperasi sekolah SD,SMP,SMA saya. Koperasi yang letaknya tidak jauh dari kelas, saat selain kantin sekolah tentunya. Kenapa? karena koperasi tidak hanya menjual alat-alat tulis maupun kebutuhan sekolah lainnya,tetapi juga menjual makanan, minuman, serta keperluan remaja.
Sekarang saya ingin membahas sedikit tentang koperasi sekolah.

Apa sih koperasi sekolah itu?
Koperasi sekolah  merupakan sebuah wadah atau organisasi yang ada disekolah, dimana didalamnya siswa dilatih berwirausaha,berinovasi dan menangani keuangan, serta melatih kejujuran para siswa. Banyak inovasi yang dibuat agar para siswa tertarik dan mau berbelanja di koperasi sekolah. Misalnya, makanan buatan rumah yang higienis, bervariasi dan murah, serta tempat yang nyaman merupakan sesuatu yang dicari siswa saat waktu istirahat. Selain itu, para guru pun bisa memanfaatkan koperasi sekolah dengan menjual LKS, alat-alat yang dapat menunjang materi yang akan diberikan, maupun barang dagangan mereka yang bermanfaat bagi para siswa. Jadi intinya adalah dengan adanya koperasi sekolah dapat membantu para siswa untuk memenuhi kebutuhannya di sekolah.

Manfaat apa yang saya dapatkan dari koperasi sekolah?
Manfaat yang saya dapat dari koperasi sekolah ialah saya lebih mudah mendapatkan atribut seragam sekolah apabila ada salah satu atribut yang tidak saya kenakan atau lupa saya kenakan. Misalnya, seperti mengenakan dasi sekolah saya maka saya akan terkena tegur oleh guru piket dan atau selain guru piket dan saya mau tidak mau harus membeli dasi sekolah di koperasi sekolah.

Manfaat lain yang saya dapatkan dari koperasi sekolah adalah saya tidak perlu keluar sekolah hanya untuk membeli peralatan seni rupa. Seperti buku gambar,alat tulis dan alat lukis lain nya.

Itulah yang dapat saya ceritakan tentang koperasi sekolah. Semoga koperasi sekolah pada saat ini bertambah maju dan semakin sukses .

Leave a Reply

